Hosting Indonesia

Friday, April 1, 2011

Situs Dofollow, Nofollow... Apakah itu?

Dalam postingan yang telah lalu, yakni Tips and Trik Keren Seputar SEO, point kelima menyebutkan bahwa kita dapat berburu backlink melalui blog atau site yang dofollow dan ber-page rank tingg. Nah, apa itu blog dofollow? Okey, silakan membaca lanjutannya ^__^

Pengertian Blog Dofollow
  1. Saat kita menuliskan komentar sambil menyertakan link url situs kita dalam sebuah "Blog Dofollow", maka link tersebut akan dianggap sebagai Backlink oleh mesin pencari seperti google.  Mesin pencari akan masuk menelusuri URL yang diberikan oleh sang komentator karena si pemilik blog memperbolehkannya atau mengundang mesin pencari untuk mampir ke rumah dan masuk kamar komentar mencari isi atau link dikamar itu dan diberikannya kepada si pengirim.  
    Lain halnya dengan Blog nofollow, mesin pencari hanya masuk ke situs kita akan tetapi tidak diijinkan  masuk kamar komentar. Bisa dikatakan nofollow itu memasang tanda forbidden atau di larang masuk buat search engine.. Sedangkan dofollow memasang tulisan welcome. Ambilah yang anda perlukan di rumah ini. Begitu kira-kira bahasa sederhananya.
  2. Secara default memang setting komentar sebuah blog itu nofollow, tujuannya untuk mengurangi spam, tapi kita bisa ubah menjadi dofollow sehingga siapapun yang berkomentar akan mendapat hadiah kecil berupa backlink abadi karena telah sudi mampir dan berkomentar.
  3. Blog dofollow bisa dianggap sebagai gudang link layaknya pohon yang berbuah backlink dan semua orang boleh memetiknya. Tak heran bila blog semacam ini  banyak dicari oleh para pemburu backlink seperti para peserta kontes SEO dll.
Keuntungan dan Kerugian Blog Dofollow
  1. Keuntungan bagi pemberi komentar sudah jelas akan mendapatkan backlink. Tentunya ini merupakan tambahan poin untuk meningkatkan pagerank.
  2. Keuntungan bagi pemilik blog adalah bertambahnya pengunjung, sehingga meningkatkan traffic (Anda bisa mengeceknya di www.alexa.com)
  3. Sementara, ada yang berpendapat bahwa kerugian akan terjadi jika setiap link yang masuk atau ada pada blog / web dianggap link yang sah oleh mesin pencari, sehingga bisa saja blog / web tersebut dianggap link farm (peternakan Link). Akibatnya, nilai Pagerank-nya akan turun.
  4. Biasanya, karena banyaknya komentar yang masuk, pemilik blog tidak bisa/jarang melakukan kunjungan balik ke blog komentator. tapi ini dimaklumi karena telah memberikan backlink sebagi gantinya.
Selamat memilih dan mencoba : )

Rujukan : 
http://www.baliorange.web.id/pengertian-dofollow-dan-nofollow-bagi-keberadaan-website/
http://linktea.blogspot.com/2010/01/dofollow-atau-nofollow.html

0 comments:

Post a Comment

Maturnuwun, sampeyan sudah berkunjung ke blog saya...
Tolong tinggalkan komentar dan masukan, nggih ^__^
Biar saya bisa belajar lebih banyak lagi. Hehe...
Monggo-monggo, dipun-coment!