Hosting Indonesia

Thursday, March 31, 2011

Tips and Trik Keren Seputar SEO

Sekedar mengingatkan, SEO (Search Engine Optimization) adalah serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik dari mesin pencari menuju alamat situs web tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja alami algoritma mesin pencari tersebut.

Baru saja saya browsing di Google tentang tips jitu seputar optimalisasi mesin pencari. Nah, berikut adalah beberapa langkah yang bisa kita tempuh agar blog/site kita ramai dikunjungi orang:
 
1. Siapkan koneksi yang cepat dan stabil
Kita harus selalu mengupdate dan meng-optimalisasi konten blog atau website kita. Kadang koneksi internet yang lambat membuat para blogger atau pemilik site menjadi kesal sehingga kehilangan ide kreatifnya atau malas untuk posting.

2. Artikel buah pikir sendiri 
Artikel hasil Copas (Copy paste) sangat berpengaruh kepada Search Engine, kemungkinan bisa masuk kategori Sandbox dan pasti lama terindex. Jadi, lebih baik sebelum membuat artikel , pastikan kita sudah paham dengan apa yang akan kita posting, minimal kita sudah ber-browsing ria untuk mendapatkan gambaran. Artikel-artikel milik orang lain hanyalah sekedar referensi tambahan aja. Jangan lupa, gunakan gaya bahasa sendiri agar tidak mutlak 100% copy paste.

 3. Ping Service 
Jika artikelnya sudah jadi dan  sudah Anda posting, lakukan ping service. Tujuannya, agar artikel baru kita lebih cepat terindex oleh search engine. Ping Service artinya kita memberi tahu kepada search engine bahwa ada perubahan atau update dari blog atau website kita. Banyak Ping Service Tool yang tersedia, misalnya saja Pingomatic dan Pingoat.

 4. Sabar dan Fokus 
Ini juga modal penting untuk rekan netter semua. Kalau Url kita belum masuk top rank, terus lakukan metode-metode SEO. Sebaliknya,  jika untuk sementara kita berada di top rank, jangan lengah. Tetaplah fokus dan hati-hati karena sewaktu-waktu bisa-bisa di disusul oleh situs lain..

 5. Berburu Backlink 
Blog atau site yang dofollow dan ber-page rank tinggi pastinya sudah banyak beredar. Hal ini bisa kita manfaatkan untuk mencari backlink. Nah, disini diperlukan ketekunan buat menyebar backlink dengan komen di blog dofollow.

 6. Submit ke Social Bookmark 
Kadang akan terasa melelahkan, tapi sangat terasa manfaatnya. Artikel yang kita telah buat, di submit ke social bookmark. Banyak social bookmark lokal dan luar negeri yang bermutu, misalnya saja http://sb.saungdedimlyd.web.id/, http://lintasberita.com/, http://infogue.com/, http://www.antarblog.com/, http://kafeinfo.com/, dan masih banyak lagi.

7. Mendaftarkan Feed RSS Anda ke RSS Submission
Dengan mendaftarkan Feed RSS kita ke RSS submision, selain kita  mendapatkan backup dari website dari trafik yang ramai dan ber-pagerank tinggi, kita juga akan mendapatkan backlink secara “tidak langsung” dari situs-situs penyedia jasa tersebut. Mereka mempunyai spider tertentu yang akan mengindex seluruh/sebagian feed kita sehingga secara otomatis seluruh/sebagian halaman blog kita akan ter-crawl dan mendapatkan backup dari mereka. Beberapa contoh situs RSS submission yang cukup terkenal yang bisa memberikan backlink antara lain : http://www.topblogarea.com, http://www.blogtoplist.com, http://blogflux.com, http://www.bloginspace.com.

Rujukan :
  • http://saungdedimlyd.web.id/kontes-seo/128-tips-kontes-seo-nowgooglecom-adalah-multiple-search-engine-popular.html
  • http://saungdedimlyd.web.id/kontes-seo/125-daftar-list-social-bookmarking-indonesia-terbaik.html
  • http://www.eriricaldo.com/seo/meningkatkan-trafik-blog


0 comments:

Post a Comment

Maturnuwun, sampeyan sudah berkunjung ke blog saya...
Tolong tinggalkan komentar dan masukan, nggih ^__^
Biar saya bisa belajar lebih banyak lagi. Hehe...
Monggo-monggo, dipun-coment!